1.
Definisikan manajemen dan organisasi
serta mengapa manajemen diperlukan dalamsebuah organisasi?
Ø Manajemen adalah suatu ilmu dan seni
merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasikan serta mengawasi
tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuanya yang telah
ditetapkan.
Ø Organisasi merupakan salah satu sarana untuk
mencapai tujuan perusahaan melalui pelaksanaan fungsi- fungsi manajemen yang
dilakukan seorang pimpinan dengan organisasi yang tercipta di perusahaan yag
bersangkutan .
Ø Manajemen merupakan sarana untuk mencapai
tujuan organisasi dengan memanfaatkan alat yang tersedia semaksimum mungkin.Akan
tetapi perlu diperhatikan bahwa dalam mencapain tujuan perusahaan haris
memperhatikan secara optimal terhadap kepentingan-kepentingan yang menyangkut
kepentingan konsumen, penanam modal, karyawan ,pemerintah, masyarakat ,
supplier.
2.
Sebutkan fungsi- fungsi manajemen dan
berikan contoh kegiatan yang harus dilakukandari setiap fungsi manajemen
tersebut!
· Perencanaan ( Planning )
Merupakan kegiatan menetapkan tujuan organisasi dan
memilih cara terbaik untuk mencapai tujuan tsb.
·
Pengorganisasian ( Organizing
& Staffing )
Kegiatan mengkoodinir sumber daya manusia dan material
organisasi agar tujuan organisasi tercapai secara efisien dan efektif.
·
Pengarahan ( Leading )
Meliputi kegiatan memberi pengarahan, mempengaruhi,
dan memotivasi karyawan untuk bekerja.
·
Pengawasan (
Controlling )
·
Bertujuan untuk
melihat apakah kegiatan organisasi telah berjalan sesuai rencana yang
ditetapkan. Fungsi pengawasan mempunyai tiga kegiatan yang harus dilakukan :
- Menetapkan
standart yang dipakai
- Menbandingkan
pelaksanaan kegiatan dengan standart
- Melakukan
koreksi
3. Uraikan fungsi - fungsi manajemen James AF Stoner dan George Terry!
v Fungsi manajemen menurut James AF Stoner:
1.
Perencanaan (planning) menunjukan bahwa para
manajer memikirkan tujuan dan kegiatannya sebelum melaksanakannya. Kegiatan
mereka biasanya berdasar suatu cara, rencana, atau logika, bukan asal tebak
saja.
2.
Pengorganisasian (organization) berarti para manajer
itu mengkoordinir sumber daya manusia dan sumber daya bahan yang dimiliki
organisasi. Sejauh mana efektifnya suatu organisasi tergantung pada
kemampuannya untuk mengerahkan sumber daya yang ada dalam mencapai tujuannya.
Tentu saja, dengan makin terpadu dan makin terarahnya pekerjaan akan
menghasilkan makin efektifnya organisasi. Mendapatkan koordinasi yang
sedemikian itu adalah salah satu tugas manajer.
3.
Memimpin (to lead) menunjukan bagaimana para
manajer mengarahkan dan mempengaruhi bawahannya, menggunakan orang lain untuk
melaksanakan tugas tertentu, Dengan menciptakan suasana tepat, mereka membantu
bawahannya bekerja sebaik mungkin.
4.
Pengendalian (controlling) berarti para manajer
berusaha untuk meyakinkan bahwa organisasi bergerak dalam arah tujuan. Apabila
salah satu bagian dari organisasi menuju arah yang salah, para manajer berusaha
untuk mencari sebabnya dan kemudian mengarahkannya kembali ke tujuan yang
benar.
v Fungsi manajemen menurut George
Terry
1.
Perencanaan (planning) yaitu sebagai dasar
pemikiran dari tujuan dan penyusunan langkah-langkah yang akan dipakai untuk
mencapai tujuan. Merencanakan berarti mempersiapkan segala kebutuhan,
memperhitungkan matang-matang apa saja yang menjadi kendala, dan merumuskan
bentuk pelaksanaan kegiatan yang bermaksuud untuk mencapai tujuan.
2.
Pengorganisasian (organization) yaitu sebagai cara
untuk mengumpulkan orang-orang dan menempatkan mereka menurut kemampuan dan
keahliannya dalam pekerjaan yang sudah direncanakan.
3.
Penggerakan (actuating) yaitu untuk menggerakan
organisasi agar berjalan sesuai dengan pembagian kerja masing-masing serta
menggerakan seluruh sumber daya yang ada dalam organisasi agar pekerjaan atau
kegiatan yang dilakukan bisa berjalan sesuai rencana dan bisa memcapai tujuan.
4.
Pengawasan (controlling) yaitu untuk mengawasi
apakah gerakan dari organisasi ini sudah sesuai dengan rencana atau belum.
Serta mengawasi penggunaan sumber daya dalam organisasi agar bisa terpakai
secara efektif dan efisien tanpa ada yang melenceng dari rencana.
4.Sebutkan beberapa fungsi operasional
dari manajemen bisnis sebuah organisasi bisnis!
- Manajemen Sumber Daya Manusia
- Manajemen Produksi
- Manajemen Pemasaran
- Manajemen Keuangan
5. Siapakah manager?
Manager
adalah orang atau seseorang yang harus mampu membuat orang-orang dalam
organisasi yang berbagai karakteristik, latar belakang budaya, akan tetapi
memiliki ciri yang sesuai dengan tujuan (goals) dan teknologi (technology).
6. Uraikan beberapa tingkatan manajemen perusahaan!
ü Manajemen Puncak (Top Management)
Manajer bertaggungjawab atas pengaruh yang ditmbulkan dari
keputusan-keputusan manajemen keseluruhan dari organisasi. Misal: Direktur,
wakil direktur, direktur utama. Keahlian yang dimiliki para manajer tinggkat
puncak adalah konseptual, artinya keahlian untuk membuat dan mmerumuskan konsep
untuk dilaksanakan oleh tingkatan manajer dibawahnya.
ü Manajemen Menengah (Middle Management)
Manajemen
menengah harus memeiliki keahlian interpersonal/manusiawi, artinya keahlian
untuk berkomunikasi, bekerjasama dan memotivasi orang lain. Manajer
bertanggungjawab melaksanakan reana dan memastikan tercapainya suatu tujuan.
Misal: manajer wilayah, kepala divisi, direktur produk.
ü Manajemen Bawah/Lini (Low Management)
Manager
bertanggung jawab menyelesaikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh para
manajer yang lebih tinggi. Pada tngkatan ini juga memiliki keahlian yaitu
keahlian teknis, artinya keahlian yahng mencakup prosedur, teknik,
pengetahuan dan keahlian dalam bidang khusus. Misal: bureaucrat/pengawas
produksi, mandor.
7. Keahlian - keahlian apa saja yang perlu dimiliki oleh manajer?
Ø Keahlian teknis (technical skills)
Ø Keahlian berkomunikasi dan berinteraksi dengan
masyarakat (Human Relation skills)
Ø Keahlian konseptual (Conceptual skills)
Ø Keahlian dalam pengambilan keputusan (Decision
Making-Skills)
Ø Keahlian dlm mengelola waktu (time management
skills)
8. Apa yang dimaksud dengan
human relation skills?
Pengetahuan dan kemampuan berinteraksi secara baik
& benar dalam lingkungan organisasi/perusahaan
9. Mengapa manajemen dapat
dikatakan sebagai pengetahuan sekaligus seni? Uraikan beserta contoh!
Karena
antara keduanya tidak bisa dipisahkan. Manajemen sebagai suatu ilmu
pengetahuan, karena telah dipelajari sejak lama, dan telah diorganisasikan
menjadi suatu teori. Hal ini dikarenakan didalamnya menjelaskan tentang
gejala-gejala manajemen, gejala-gejala ini lalu diteliti dengan menggunakan
metode ilmiah yang dirumuskan dalam bentuk prinsip-prinsip yang diujudkan dalam
bentuk suatu teori.
Sedang manajemen sebagai suatu seni, disini memandang bahwa di dalam mencapai suatu tujuan diperlukan kkerja sama dengan orang lain, nah bagaimana cara memerintahkan pada orang lain agar mau bekerja sama. Pada hakekatnya kegiatan manusia pada umumnya adalah managing ( mengatur ) untuk mengatur disini diperlukan suatu seni, bagaimana orang lain memerlukan pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama.
Sedang manajemen sebagai suatu seni, disini memandang bahwa di dalam mencapai suatu tujuan diperlukan kkerja sama dengan orang lain, nah bagaimana cara memerintahkan pada orang lain agar mau bekerja sama. Pada hakekatnya kegiatan manusia pada umumnya adalah managing ( mengatur ) untuk mengatur disini diperlukan suatu seni, bagaimana orang lain memerlukan pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama.
10. Uraikan tiga kelompok
besar dalam ilmu manajemen!
· kelompok
manajemen klasik
· manajemen
prilaku
· manajemen
kuantitatif.
11. Apa yang menjadi esensi
dari kelompok manajemen perilaku?
Persepsi
individu mengenai organisasi terbangun dalam proses belajar individu melalui
komunikasi individu dengan kelompoknya. Selanjutnya, interaksi terjadi pula
dalam komunikasi antar kelompok dalam struktur kelompok dimana pemimpin
berperan. Yang terakhir, pemimpin melalui struktur dan disain organisasi serta
kebijakan dan peraturan organisasi berusaha untuk membentuk budaya organisasi
di tingkat sistem. Namun demikian, ketika obyek dari peratutan dan kebijakan
organisasi, struktur dan disain organisasi, dan budaya organsasi adalah manusia
dan kelompok maka interaksi yang saling mempengaruhi akan terjadi secara timbal
balik. Inilah sebenarnya esensi perilaku sirkular dalam sebuah organisasi.
12. Mengapa pendekatan
kuantitatif diperlukan dalam manajemen? Jelaskan!
Pendekatan
kuantitatif memberikan sumbangan penting terutama dalam perencanaan dan
pengendalian. Model-model yang dikembangkan sangat sesuai untuk fungsi
tersebut. Sebagai contoh, model CPM bermanfaat untuk perencanaan dan pengen
dalian proyek. Pendekatan tersebut juga membantu memahami persoalan manajemen
yang kompleks. Dengan menggunakan model matematika, persoalan yang kompleks
dapat disederhana kan menjadi model matematika. Meskipun nampaknya model
matematika dengan formula-formula yang sulit dimengerti sangat kompleks, tetapi
model tersebut bermaksud menyederhanakan dunia nyata yang sangat kompleks.
Dengan model matematika, faktor-faktor yang penting dapat dilihat dan diberi
perhatian ekstra.
13. Apa yang dimaksud dengan
manajemen guru? Sebutkan 5 orang manajemen gurubeserta kontribusi yang telah
mereka berikan!
Manajemen
guru adalah sesuatu yang dapat menjadi panutan dan dapat memberi solusi. Guru
beserta kontribusi : Direktur, Komisaris, Manajer, Supervisor, Kepala Bagian
14. Jelskan hubungan etika dan tanggung jawab sosial dengan manajemen!
Bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan eksternal perusahaan melalui berbagai kegiatan yang dilakukan dalam rangka penjagaan lingkungan, norma masyarakat, partisipasi pembangunan, serta berbagai bentuk tanggung jawab sosial lain. Sebagai bagian dari masyarakat, maka organisasi bisnis perlu memiliki tanggung jawab bahwakegiatan yang dilakukannya membawa kea rah perbaikan lingkungan masyarakat pada umumnya, dan bukan sebaliknya.
15. Bagaimana lingkungan organisasi dapat mempengaruhi manajemen
Dalam lingkungan organisasi terdapat dua jenis lingkungan yaitu lingkungan internal dan lingkungan eksternal.Lingkungan internal itu sendiri adalah faktor-faktor atau kondisi umum yang berada di dalam suatu organisasi, yang termasuk didalamnya adalah karyawan atau pegawai, serta pimpinan manajer.Sedangkan lingkungan eksternal adalah segala sesuatu di luar batasan organisasi yang mungkin mempengaruhinya, yaitu yang berpengaruh langsung dan tidak langsung.
16. Apa sajakah yang termasuk ke dalam lingkungan mikro dari perusahaan?
Lingkungan Mikro PerusahaaN
Lingkungan
Mikro Perusahaan merupakan pelaku yang dekat dengan perusahaan dan mempengaruhi
kemampuan perusahaan untuk melayani pelanggannya.Lingkungan mikro perusahaan
terdiri dari: perusahaan, pemasok, perantara pemasaran, pasar pelanggan, pesaing,
dan masyarakat.
Ø Perusahaan
Dalam
merancang rencana pemasaran, manajemen pemasaran
memperhitungkan kelompok dalam perusahan seperti manajemen puncak, keuangan,
riset dan pengembangan, pembelian, operasi, akuntasi. Semua kelompok saling
berhubungan membentuk lingkungan internal. Kelompok-kelompok ini bekerja sama
secara harmonis untuk memberikan nilai dan kepuasan pelanggan yang unggul.
Ø Pemasok
Pemasok
membentuk hubungan penting dalam keseluruhan system penghantar nilai
perusahaan. Pemasok menyediakan sumber daya yang diperlukan oleh perusahaan
untuk menghasilkan barang dan jasanya. Masalah pemasok sangat mempengaruhi
pemasaran karena apabila pemasok masalah akan mengurangi penjualan perusahaan
dan mengurangi nilai kepuasan pelanggan.
Ø Pesaing
Konsep
pemasaran yang berhasil apabila perusahaan dapat menyediakan nilai dan kepuasan
pelanggan yang lebih besar daripada pesaing. Oleh karena itu, perusahaan harus
menyesuaikan pemasaran dengan kebutuhan konsumen sasaran. Perusahaan juga harus
memiliki strategi penawaran yang lebih kuat dari penawaran pesaing dalam
pikiran konsumen.
Ø Masyarakat
Masyarakat
adalah kelompok yang mempunyai potensi kepentingan atau kepentingan nyata, atau
pengaruh pada kemampuan organisasi untuk mencapai tujuannya. Ada tujuh tipe
masyarakat: Masyarakat keuangan, masyarakat media, masyarakat pemerintah,
masyarakat Lembaga Swadaya Masyarakat, masyarakat local, masyarakat umum,
masyarakat internal.
17. Bagaimana faktor internasional dapat mempengaruhi manajemen?
1.
Faktor Lingkungan
Domestik
Faktor-faktor ini meliputi hal-hal yang melibatkan
kebijakan asing domestik yang mempengaruhi keputusan pemasaran. Faktor-faktor
tersebut cenderung tidak pasti, sekalipun ada beberapa yang bisa dikendalikan. Faktor-faktor
tersebut adalah:
·
Kekuatan Politik/Hukum
·
Iklim Ekonomi
·
Struktur Persaingan
2.
Faktor Lingkungan
Asing.
Faktor-faktor ini meliputi hal-hal yang berkaitan
dengan kebijakan asing yang mempengaruhi keputusan pemasaran. Faktor ini
cenderung tidak pasti dan sulit sekali untuk dikendalikan. Faktor-faktor
tersebut adalah :
·
Political/Legal Forces
·
Cultural Forcer
·
Geography and
Infrastructure
·
Structure of
Distribution
·
Level of Technology
·
Competitive Forces
·
Economic Forces
18.
Bagaimanakah peran pemilik perusahaan dalam manajemen? Tugas para eksekutif dan pemilik
perusahaan dalam menjalankan bisnisnya agar lebih baik ke depannya adalah :
Mengelola SDM, dimana seorang pebisnis dapat menyelesaikan
segala sesuatu melalui orang lain atau bagaimana mempengaruhi orang lain ( SDM
) agar dapat melaksanakan apa yang diperintahkan.
Membuat keputusan tentang sumber daya dan
operasi, bagaimana mengelola sumber daya-sumber daya ekonomi dan mengelolanya
menjadi lebih baik, dan pertimbangan dengan kebijakan eksternal seperti
aturan-aturan dari Pemerintah.
Mengelola keuangan dan pelaporannya, dimana setiap
aktifitas pemasukan atau pengeluaran, serta harta serta hutang dan modal,
dibuat pelaporannya agar semuanya dapat termonitor dengan baik, sehingga dapat
di ketahui kerugian atau keuntungan suatu bisnis.
Pengelolaan penjualan dan pemasaran,dimana kita
ketahui penjualan dan pemasaran produk merupakan urat nadi dalam perusahaan
atau bisnis. Tanpa kesuksesan penjualan atau pemasaran, maka perusahaan tidak
akan dapat mencapai tujuannya, yaitu laba.
Mengarahkan bisnis ke depan, melakukan perencanaan
strategis yang merupakan piranti utama untuk pengelolaan aspek-aspek
jangka panjang dalam bisnis dan cara peningkatan produktifitas, perbaikan
kualitas serta pengelolaan informasi.
19.
Apa yang dimaksud dengan budaya organisasi?
Budaya organisasi adalah sebuah sistem makna
bersama yang dianut oleh para anggota yang membedakan suatu organisasi
dari organisasi-organisasi lainnya. Sistem makna bersama ini adalah
sekumpulan karakteristik
kunci yang dijunjung tinggi oleh organisasi.
20. Mengapa manajer
perusahaan perlu mempertimbangkan tanggung jawab sosialperusahaan? Uraikan
antara kelompok pro dan kontra mengenai tanggung jawab sosialdari perusahaan!
o
Tanggung jawab ekonomi yakni memproduksi barang dan
jasa yang bernilai bagi masyarakat.
o
Tanggung jawab hukum yakni perusahaan diharapkan
mentaati hukum yang ditentukan oleh pemerintah
o
Tanggung jawab etika yakni perusahaan diharapkan dapat
mengikuti keyakinan umum mengenai bagaimana orang harus bertindak dalam suatu
masyarakat.
o
Tanggung jawab kebebasan memilih yakni tanggung jawab
yang diasumsikan bersifat sukarela.
21. Uraikan beberapa strategi
yang dapat dilakukan manajer perusahaan yang menyangkut
tanggung
jawab sosial perusahaan!
§ Strategi
Reaktif
Kegiatan bisnis
yang melakukan strategi reaktif dalam tanggung jawab sosial cenderung menolak
atau menghindarkan diri dari tanggung jawab sosial.
§ Strategi
Defensif
Strategi defensif
dalam tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh perusahaan terkait dengan
penggunaan pendekatan legal atau jalur hukum untuk menghindarkan diri atau
menolak tanggung jawab sosial
§ Strategi
Akomodatif
Strategi
Akomodatif merupakan tanggung jawab sosial yang dijalankan perusahaan
dikarenakan adanya tuntutan dari masyarakat dan lingkungan sekitar akan hal
tersebut.
§ Strategi
Proaktif
Perusahaan
memandang bahwa tanggung jawab sosial adalah bagian dari tanggung jawab untuk
memuaskan stakeholders.
Jika stakeholders
terpuaskan, maka citra positif terhadap perusahaan akan terbangun.
22. Apa yang dimaksud dengan
etika manajemen?
Etika
Manajemen adalah standar kelayakan pengelolaan organisasi yang memenuhi
kriteria etika.
23.
Usaha apa
sajakah yang dapat dilakukan agar manajemen perusahaan memenuhi kriteria etika?
Dari 4 kriteria
etika, yaitu dari :
o Sisi manfaat (benefits)
o Pemenuhan hak-hak (rights)
o Prinsip keadilan (justice)
o sifat
pemeliharaan (caring).
Thnks :)
BalasHapusjangan lupa kunjungan balik ya Peluang Usaha
Thankyou
BalasHapusGBU
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusTerimakasih atas pembahasannya.
BalasHapusthankyouuu
BalasHapusTerimakasih atas bantuannya
BalasHapusApa bisa seorang pengangguran menjadi orang kaya
BalasHapusMakasi kak atas penjelasannya ini sangat ber manfaat
BalasHapus